RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEKNIK DASAR SEPAK SILA
Diajukan
sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas pendidikan pancasila
Yang
dibimbing oleh :
Drs. PAPAT YUNISAL, S.Pd
Di
Susun Oleh :
Nama : SUWANDA
NPM : (11520333)
Kelas : 1-F
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PASUNDAN CIMAHI
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran :
sepaktakraw
Kelas/program :
IX/IPA
Semester :
1 (satu)
Pertemuan :
1 (satu)
Alokasiwaktu :
2x45 menit (1 pertemuan)
Standarkompetensi :
mempraktekanteknik-tekniksepaksila
Kompetensidasar :
mempraktekanteknikdasardalamsepaksilasertanilai-nilaikerjasama
Indicator :
menjelaskantentangsepaksila
I.
TujuanPembelajaran:
a.
Siswadapatmelakukangerakansepaksila
b.
Siswadapatmelakukangerakanmenahan
bola dengan kaki bagiandalam
c.
Siswadapatmenimbang
bola dengantekniksepaksila
d.
Siswa bias
menahansmeshdengantekniksepaksila
II.
MateriPembelajaran:
a.
Menimbang bola
dengan kaki bagiandalam (sepaksila)
b.
Menahan bola
dengan kaki bagiandalam (sepaksila)
c.
Mengumpan bola
dengan kaki bagiandalam (sepaksila)
III. MetodePembelajaran:
a.
Pertemuan 1:
·
Pengenalan
·
Penguasaanmateri
·
Penugasan
IV. Langkah-LangkahPembelajaran:
a.
Kegiatanawal (20
menit)
·
Berbaris,
berdo’a, danpemanasan
·
Memberikanmotivasidanmenjelaskantujuanpembelajaran
b.
Kegiataninti (50
menit)
·
Dalamkegiataneksplorasi,
guru:
Ø Melibatkanpesertadidikmencariinformasi yang
luasdandalamtentangtopik/temamateri yang akandipelajaridarianekasumber.
Ø Teknikdasarsepaksila (berdiridengan kaki
terbukadenganjarakselebarbahu, kaki sepakdigerakanmelipatsetinggilutut kaki
tumpu, bagianbawah bola disepakdengan kaki bagiandalam, kaki
tumpuditekuksedikit,pandanganmenghadapkearah bola, pergelangan kaki
sepakpadawaktuperkenaandengan bola dikencangkan, bola
disepakkeatasdiupayakanmelewatikepala.
Ø Melakukanteknikdasarsepaksilasendiri-sendiridengan
kaki kanan (tidakjatuh) sebanyakmungkin
Ø Melakukanteknikdasarsepaksilasendiri-sendiridengan
kaki kiri (tidakjatuh) sebanyakmungkin
Ø Melakukanteknikdasarsepaksilasendiri-sendiridengandua
kaki (kaki kanandankiri)sebanyakmungkin
Ø Melakukanteknikdasarsepaksilaberhadapan (kaki kanan)denganjarak
yang dekat
Ø Melakukanteknikdasarsepaksilaberhadapan (kaki kiri)
denganjarak yang dekat
Ø Melakukanteknikdasarsepaksilaberhadapan (kaki kanan)
denganjarak yang jauh
Ø Melakukanteknikdasarsepaksilaberhadapan(kaki kiri) denganjarak
yang jauh
Ø Melakukanteknikdasarsepaksiladengan bola yang kencang
(dilemparolehteman)
Ø Menggunakanberaganpendekatanpembelajaran, media
pembelajaran, dansumberbelajarlainnya
Ø Memfasilitasipesertadidikmelakukanpercobaandilapangan
·
Dalamkegiatanelaborasi,
guru:
Ø Membiasakanpesertadidikmembacadanmenulismelaluitugas-tugas
Ø Memberikesempatankepadapesertadidikuntukberfikir,
menganalisis, danbertindaktanpa rasa takut
Ø Mempasilitasipesertadidikberkopetensisecarasehatuntukmeningkatkanprestasi
·
Dalamkegiatankomfirmasi,
guru:
Ø Guru bertanya/jawabtentanghal-hal yang belumdipahami
Ø Guru bersamasiswabertanyajawabmeluruskanpemahaman yang
salah
c.
Kegiatanpenutup
(20 menit)
·
Bersama-samamembuatrangkumantentangmateri
yang sudah di bahas
·
Melakukanpenilaian
·
Merencanakankegiatantindaklanjutan
V.
Alat/Media Dan
SumberBelajar:
a.
Aat/media:
·
Bola sepaktakraw
·
Net (jaring)
b.
Sumber:
·
Ruanganterbuka
(rata)
·
Buku
VI. Penilaian:
a.
Tespsikomotor
Lakukanteknikdasarsepaksiladengandua kaki
(kanandankiri) sebanyakmungkin?
b.
Tesafeksi
Mainkanteknikdasarsepaksiladengancarabekerjasamadenganteman
se team?
Mengetahui: Bandung,
27 juni 2012
Kepala SMAN 1 Jampangkulon
Guru matapelajaran
Prof. H.SUWANDA
Drs. ROSIM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar